• Tentang Unud
  • E-Library
  • IMISSU
  • LPPM
  • OASE
  • en ENG
    • en INA
    • en ENG
AGROINDUSTRIAL TECHNOLOGY STUDY PROGRAM
FACULTY OF AGRICULTURAL TECHNOLOGY, UDAYANA UNIVERSITY
  • Home
  • Profil
    • History
    • Vision, Mission, Purpose and Target Strategy
    • Study Program Administrator
    • Lecturer
    • Staff
  • Akademik
    • Academic Calendar
    • Curriculum
    • Compulsory Course
    • Elective Course
    • Merdeka Belajar Kampus Belajar
  • Student Affairs
    • Student Association (HIMATETRI)
    • Student Activities
    • Student Activities Gallery
  • Study Program Accreditation
    • Sertifikat dan SK Akreditasi
  • Laboratory
  • Document
    • Renstra
      • Renstra 2020 - 2024
      • Renstra 2015 - 2019
    • Agroindustrial Program Study Standart
    • Academic Manual Books
    • Road Map
      • Agroindustrial Technology Research
      • Agroindustrial Technology Community Service
      • Agroindustrial Program Study
    • Survey Results
      • Tracer Study Alumnus
      • Stakeholders
    • Panduan MKBM Unud
    • Pengabdian
    • Penelitian
    • Dokumen SPMI
  • Journal
  • Contact
  • Home
  • Kurikulum

Kurikulum

  

Kurikulum Program Studi  Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup: sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Point sikap dan pengetahuan umum diadopsi dari KKNI (Perpres No. 8/2012), sedangkan poin pengetahuan dan keterampilan khusus dirumuskan berdasarkan kesepakatan pada FKPSIPI. Program Studi  Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang bertujuan untuk mencapai profil lulusan Program Studi.


a. SIKAP adalah perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari  internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. Sikap meliputi:

1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaandalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika.

3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.

5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.


b. PENGETAHUAN adalah penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. Pengetahuan meliputi:

1) Belajar sepanjang hayat (life long education).

2) Menguasasi konsep teoritis Ilmu Pengetahuan Alam, prinsip-prinsip rekayasa  proses industri, dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses dan produk agroindustry.

3) Menguasi konsep teoritis secara umum, cara pengujian dan pengukuran.

4) Menguasai konsep teoritis secara umum tentang metode penyelesaian masalah rekayasa, sumber daya, lingkungan, perangkat IT, dengan memanfatkan teknologi modern yang sesuai.

5) Menguasai pengetahuan tentang standar yang berlaku untuk penyelesaian masalah rekayasa, tata cara kerja laboratorium serta pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja.

6) Menguasi prinsip dan isu terkini, masalah ekonomi, sosial budaya dan lingkungan secara umum.

c. KETERAMPILAN UMUM adalah kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi. Keterampilan umum meliputi

1) mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

2) mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3) mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

4) menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

5) mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

6) mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan  pembimbing,  kolega,  sejawat  baik  di  dalam maupun di luar lembaganya.

7) mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

8) mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

9) mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.


d. KETERAMPILAN KHUSUS adalah kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi. Keterampilan khusus meliputi:

1) Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan dibidang agroindustri yang meliputi sistem, manajemen, proses, dan lingkungan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan Matematika dan IPA serta teknologi moderen yang sesuai.

2) Mampu bekerjasama dalam tim yang multidisiplin dan multikultur.

3) Mampu membangun jejaring, dan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan secara efektif .

4) Mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi sistem, proses dan produk agroindustri secara berkesinambungan.

5) Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen ilmiah dan menganalisis serta menginterpretasikan data yang dihasilkan.

6) Mampu menerapkan prinsip prinsip rekayasa proses, manajemen, dan kewirausahaan pada sistem ekonomi kreatif (industri kreatif).


News

  • Proudly, Unud FTP TIP Study Program Students Win t...
    Minggu, 9 Oktober 2022
  • Lecturer of the Agroindustrial Technology Study Pr...
    Selasa, 4 Oktober 2022
  • The PPK ORMAWA Team of FTP Unud TIP Study Program ...
    Rabu, 21 September 2022
See More >>

Announcement

  • Seminar UP Mahasiswa Early Dea Kartika
    Senin, 17 Juli 2023
  • Seminar UP Mahasiswa M Giyovani
    Kamis, 13 Juli 2023
  • Seminar UP Mahasiswa Dea Chelseanna
    Kamis, 6 Juli 2023
See More >>

Agendas

See More >>

Contact Us

Agroindustrial Technology Study Program
Faculty of Agricultural Technology, Udayana University
Jl. Kampus Bukit Jimbaran 80361 Bali, Indonesia
Phone: (0361) 701801
Fax: (0361) 701801
Email: tipftp@unud.ac.id


Information

  • Universitas Udayana
  • LPDP
  • LPPM Udayana
  • Career Development Center
  • Alumni
  • Science Direct
  • Proquest
  • Elsevier
  • IEEEXplore
  • IEEE Comp Society

Follow Us

© 2022 USDI - Universitas Udayana

  • Campus Map
  • Web Email